Strategi Pemasaran Bisnis Online Guna Menaikkan Omset Penjualan

17 Mei 2022 By ch3c3 0

Era digital yang mengembangkan kecanggihan teknologi membuat para pelaku bisnis online putar otak guna mendongkrak penjualan. Persaingan begitu terasa dari berbagai aspek. Diperlukan strategi pemasaran yang menarik untuk memaksimalkan omset penjualan.

Penerapkan strategi digital marketing adalah hal yang penting. Strategi marketing meliputi layanan, target konsumen, dan produk yang ditawarkan. Langkah yang tepat tentu akan sangat berdampak positif bagi eksistensi suatu bisnis online.

Strategi Pemasaran Bisnis Online

Pemasaran secara online tentunya menjangkau banyak sumber daya digital. Penerapan strategi yang tepat tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

  1. Content Marketing

Strategi pemasaran yang paling mudah untuk menjelaskan ragam informasi tentang produk barang atau jasa yang kamu miliki adalah menyajikan konten yang menarik. Kamu bisa membuat video yang unik, artikel berupa tips atau deskripsi manfaat, serta detail gambar yang lebih jelas, dan sebagainya.

Buat konten yang bersifat persuasif. Tentunya informasi yang kamu berikan sesuai dengan bisnis online yang sedang kamu kerjakan.

  • Mobile Marketing

Munculnya smartphone membuat aktivitas belanja online menjadi lebih mudah. Tampilan website di perangkat mobile lebih frendly daripada harus menghidupkan PC lebih dulu. Transaksi jual beli juga bisa dilakukan lebih praktis dan cepat.

  • Continous Marketing

Beragam media sosial turut menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis online yang cukup berpengaruh. Gencarnya aktivitas promosi di jejaring media sosial seperti facebook, instagram,  tiktok, dan media lainnya pasti akan membuat grafik penjualan naik dengan tajam.

Banyak influencer yang bisa diajak bekerja sama. Tentunya kamu perlu memperhitungkan budget yang kamu miliki untuk menyewa jasa mereka. Dan pastikan target pasar konsumen yang kamu inginkan tepat sasaran.

Bagaimana Peran Media Sosial dalam Pemasaran Bisnis Online?

  • Integrated Digital Marketing

Integrated di gital marketingadalah langkah yang paling efektif dan ampuh karena semua sumber daya di gital di gunakan secara maksimal untuk memasarkan produkmu. Seperti blog, website, youtube, dan beragam aplikasi serta media sosial mampu menjangkau pembeli lebih banyak lagi.

  • Affiliate Marketing

Salah satu cara memaksimalkan omset penjualan adalah dengan menjalin kerjasama dengan sesama pelaku bisnis online sehingga sama-sama mendapatkan keuntungan. Salah satu bentuk affiliate marketing adalah berkolaborasi dengan youtuber, selebgram dan sebagainya.

Cara yang biasanya di gunakan adalah memberikan kode refeal untuk produk barang atau jasa yang di tawarkan. Jika ada konsumen yang menggunakan kode tersebut maka akan ada pembagian komisi yang sama-sama menguntungkan.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Membuat sebuah website atau produk yang muncul di beranda utama mesin pencarian google tentu menjadi impian para pelaku bisnis online. Selain menjadi magnet pengunjung website untuk singgah, tentunya kemungkinan closing juga akan semakin besar. Cara yang bisa di gunakan adalah dengan memberi informasi lewat sebuah artikel. Perhatikan keyword yang di gunakan dan jumlah kata yang ada.

  • Search Engine Marketing

Tujuan strategi ini mirip dengan search engine optimization yaitu memunculkan werbsite atau produk di bagian teratas pencarian google. Hanya saja kamu perlu menggunakan jasa iklan Google Ads. Pertimbangkan budget yang kamu miliki karena biaya yang di kenakan relatif tinggi. Tapi hasil yang di capai cukup memuaskan karena website atau produk akan muncul di first page.

Di butuhkan ketelatenan dan sikap konsisten dalam penerapkan strategi pemasaran bisnis online di atas. Tetap semangat untuk memajukan bisnis yang telah kamu rintis. Percayalah tidak ada usaha yang akan mengkhianati hasil.